Sabtu, 22 November 2014

Penjelasan contoh program dasar java



CONTOH PROGRAM :

class test
 {
  public static void main(String args[])
   {
    System.out.println("selamat datang di program java");
   }
 }

PENJELASAN :

     Program test.java ini adalah sebuah program yang akan menghasilkan kata "selamat datang di program java" pada outputnya . Coding pertama yaitu "class test" merupakan pendeklarasian sebuah class dengan nama test . Menamai sebuah class merupak kewajiban dan penamaannya dapat apa saja . Jika diperhatikn deklarsi class ini diawali dengan tanda " { " dan diakhiri dengan tanda " } " , hal ini menandakan bahwa semua yang berada dalam tanda tersebut merupakan bagian dari class ini .

     Lalu coding " public static void main (String args[])" yaitu mendeklrasikan suatu method dengan nama main . Nama main disini merupakan keharusan dalam java karena java akan mencari method yang bernama main ini sebagai awal eksekusi program . Keyword public merupakan access specifier yang menentukan visibility level dari method ini . Public berarti method ini dapat di access dari manapun dari luar class .

     Method main() akan dipanggil dari luar oleh runtime java pada saat program akan dieksekusi sehingga access specifiernya harus menggunakan public . Keyword static memungkinkan method main() dipanggil tanpa harus terlebih dahulu membuat instance dari class sederhana , ini diperlukan karena method main() akan dieksekusi sebelum objek apapun dibuat dalam memori . Keyword void berarti bahwa method main() tidak mengembalikan nilai apapun setelah dipanggil ( dieksekusi ) .

     Setelah itu coding " System.out.println("selamat datang di program java"); yaitu Coding system merupakan nma dari salah satu class standar yang dimiliki oleh java . Lalu coding out merupakan anggota dari class system dan juga merupakan objek tersendiri . Out mewakili standar output stream yang dalam hal ini digunakan layar komputer . Lalu coding println merupakan method yang terdapat dalam objek out . Berfungsi untuk mencetak keluaran ke standar output . Method ini juga mencetak karakter pindah baris . Untuk mencetak tanpa pindah baris bisa menggunakan print(); . Terakhir tanda " ; " diperlukan untuk menandai suatu akhir dari suatu statment .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar