Selasa, 11 November 2014

Modul 1 : Membuat Server Debian 6 Squeeze Lengkap


debian squeezeDalam tutorial kali ini, kita akan membahas tentang server untuk jaringan. Sebelum masuk pada bagian yang bersifat teknis yaitu instalasi dan konfigurasi aplikasi dan layanan server, terlebih dahulu saya jelaskan tentang server. Server sesuai dengan namanya, bisa diartikan sebagai pelayan pada suatu jaringan komputer. Server adalah komputer yang berfungsi untuk melayani, membatasi, dan mengontrol akses terhadap client-client dan sumber daya pada suatu jaringan komputer. Server didukung spesifikasi/kemampuan hardware yang besar (berbeda dengan komputer biasa), server juga menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.
Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur client/server. Contoh dari layanan server adalah DHCP, Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS server, dan lain sebagainya. Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat pula membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan merespon request dari client.
Sebagai contoh, DHCP client akan memberikan request kepada server yang menjalankan layanan DHCP Server; ketika sebuah client membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh DHCP Server, yaitu protokol DHCP itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar