Rabu, 12 November 2014

Backup dan Restore Konfigurasi Mikrotik



mikrotikAda dua cara untuk melakukan backup konfigurasi/settingan mikrotik, yaitu mode Binary mirip (GUI) dan mode Text. Backup mode Binary tidak dapat di edit, tapi mudah untuk membuatnya dan mudah me-restorenya. Sedangkan Backup dengan mode text dapat di-edit dan dapat di-restore ke perangkat mikrotik yang berbeda tipe, dengan melakukan edit sedikit dengan text editor favorit Anda seperti Notepad.
Jadi, dengan 2 tipe backup, mana yang anda pilih? Masing-masing mempunyai kelebihan dan dengan membuat dengan 2 tipe backup tersebut Anda memiliki fleksibilitas lebih ketika terjadi bencana atau jika Anda hanya perlu meng-upgrade perangkat.
Tipe backup binary lebih mudah untuk restore ke perangkat baru dengan tipe model perangkat yang sama. Sebagai contoh, jika anda mengganti routerboard RB750 dengan routerboard RB750 yang baru, backup binary dapat di restore dengan cepat dan 100% persis. Maksud saya settingan interfaces dan settingan lainnya akan terkonfigurasi sama persis dengan perangkat sebelumnya. Jika Anda backup kemudian restore ke tipe perangkat yang berbeda, mungkin tidak selalu mulus atau sama persis. Contohnya, jika anda restore dari file backup di RB450 ke RB433, kebanyakan sedikit bermasalah di interface/port. Dikasus tersebut backup berbasis text adalah pilihan terbaik..

1. Backup dan Restore dengan Mode Binary (GUI)

.

Cara Membuat Backup MikroTik  dengan Mode Binary (GUI)

Di WinBox klik menu “Files
backup mikrotik 1 150x150 Cara Backup dan Restore Settingan MikroTik
Dalam jendela “Files” klik tombol “Backup“.
backup mikrotik 2 150x150 Cara Backup dan Restore Settingan MikroTik
Setelah file backup dibuat maka akan muncul dalam Daftar Files. Drag file backup dari list ke harddisk komputer anda untuk diamankan. Akan membantu juga jika kita mengganti/rename file backup dengan nama yang mudah diingat. Misalnya, “backup router rumah 20-08-14.backup” dan juga tambahkan tanggal file backup itu dibuat.
.

Cara Restore File Backup MikroTik dengan Mode Binary (GUI)

Di WinBox klik menu “Files
backup mikrotik 1 150x150 Cara Backup dan Restore Settingan MikroTik
Jika file backup sudah ada di list file dari backup sebelumnya, klik untuk memilih file backup tersebut dan klik tombol “Restore”. Router akan restart. Setelah restart, settingan sudah di kembalikan dari backup yang di restore.
Jika file backup mikrotik Anda ada di harddisk komputer Anda, cukup drag file tersebut dan drop ke jendela “Files” kemudian klik untuk memilih file backup tersebut dan klik tombol “Restore”. Router akan restart. Setelah restart, settingan sudah di kembalikan dari backup yang di restore.
.

2. Backup dan Restore MikroTik dengan Mode Text

Menurut saya jika merestore konfigurasi dari file backup mode text atau “export” akan sedikit memakan waktu untuk mengeditnya sebelum di-import ke perangkat baru. Contohnya membersihkan settingan yang berbau dengan “MAC Address=”. Saya sarankan menghapus semua segmen konfigurasi tersebutsehingga membuat restore lebih universal. Ketika andaimpor, baris tersebut tidak diimpor karena alamat MAC tidak akan cocok dengan perangkat baru.
.

Cara Membuat Backup MikroTik dengan Mode Text

Untuk export settingan hanya bisa di lakukan di command prompt/New Terminal.
Buka New Terminal, ketik “export file=[nama file anda]” contoh “export file=backup_gw“. Saat mikrotik membuat backup seluruh settingan “export” akan memakan CPU 100% sebentar sampai file exportan Anda muncul di list “Files”.
Backup settingan berbasis text ini pun bisa hanya dalam beberapa segmen konfigurasi tertentu. Misalnya kita mau backup settingan IP Address saja, dalam terminal kita bisa ketik “/ip address export file=backup_ip”
backup mikrotik 4 Cara Backup dan Restore Settingan MikroTik
.

Cara Import / Restore Backup MikroTik dengan Mode Text

.
Di WinBox, klik New Terminal
Drag/Copy file yang mau di import ke root directory “File List” mikrotik Anda.
backup mikrotik 5 Cara Backup dan Restore Settingan MikroTik
Di New Terminal, ketik “import file=NamaFile.rsc“.
backup mikrotik 6 Cara Backup dan Restore Settingan MikroTik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar