Selasa, 11 November 2014

Modul 7: Instalasi dan Konfigurasi FTP Server Debian 6 Squeeze

debian squeezeSelamat datang kembali sobat semua, kembali kita melanjutkan materi server dengan Debian 6 Squeeze. Sebelumnya kita sudah membahas cara Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server Debian 6 Squeeze serta Routing Internet dari Client. Sekarang kita lanjutkan pembahasan cara Instalasi dan Konfigurasi FTP Server Debian 6 Squeeze.
Sebelum kita masuk pada pokok bahasan, sedikit dijelaskan tentang pengertian dan fungsi FTP Server. FTP (file transfer protocol) adalah suatu protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman data komputer antar mesin-mesin dalam jaringan yang mensuport TCP/IP Protocol.
Fungsi FTP Server adalah untuk menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (dalam istilah asingnya yaitu File Exchange) yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP Client. Sementara FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk tujuan tukar-menukar file (Download dan Upload file).
Baiklah, sekarang kita masuk pada pembahasan utama. Langkah-langkah instalasi dan konfigurasi FTP Server Debian sebagai berikut:
  1. Installpaket FTP server
    root@server-tkj:/home/habib# apt-get install proftpd
  2. Pada jendela yang muncul, pilih [standalone] >> [OK]
    6-2
    .
  3. Edit isi file paket proftpd.
    root@server-tkj:/home/habib# nano /etc/proftpd/proftpd.conf
  4. Edit script sehingga seperti pada gambar sebelah kanan berikut:
    6-4
    .
  5. Kemudian restart konfigurasi file proftpd.
    root@server-tkj:/home/habib# /etc/init.d/proftpd restart
  6. Uji hasil konfigurasi dengan perintah links.
    root@server-tkj:/home/habib# links ftp.smknbi.net
  7. Maka akan ditamplikan seperti gambar berikut:
    6-6
    .
    Berdasarkan gambar di atas, koneksi ke server masih berjalan dengan baik, namun tidak bisa login karena menggunakan browser links yang berbasis teks. Untuk keluar, gunakan tombol keyboard q lalu ENTER. Untuk itu, kita harus mengujinya dengan browser berbasis GUI.
    .
  8. Selanjutnya uji dengan Web browser dari PC client. Ketikkan pada address bar:www.ftp.smknbi.net dari PC client. Jika muncul konfirmasi user dan password, isikan user dan password akun yang dibuat saat instalasi debian.
    6-7
    .
  9. Maka akan ditampilan file/folder yang dapat diakses pada FTP server oleh FTP Client seperti gambar berikut:
    6-9
    .
Cukup mudah bukan? Demikianlah pembahasan cara Instalasi dan Konfigurasi FTP Server Debian 6 Squeeze. Tahap selanjutnya adalah Instalasi dan Konfigurasi Mail Server Debian Squeeze.
Jika anda berminat untuk mendownload file PDF tutorial ini, silahkan klik Modul 7_Instalasi dan Konfigurasi FTP Server. Terima kasih atas kunjungan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar